Image default
Sains

10 Peringkat Besar Hewan yang Dinilai Paling Menakutkan dan Menjijikkan

Hewan hewan tertentu memang dibenci banyak orang karena menakutkan atau menjijikkan. Kecoak atau tikus mungkin beberapa di antaranya. Lalu kira kira hewan apa saja yang membuat manusia merasa takut atau jijik? Para peneliti mengadakan sebuah survei dengan merekrut 2.000 orang dari Republik Ceko dan Slowakia untuk menjawab hal tersebut.

Para partisipan diminta untuk menilai seberapa menjijikkannya atau menakutkannya 24 hewan yang paling umum menimbulkan respons takut dan satu hewan kontrol, yaitu panda merah. Hasilnya, yang telah dipublikasikan dalam British Journal of Psychology, mengungkapkan bahwa hanya 10 hewan saja yang mendapat nilai tiga. Nilai ini berarti hewan tersebut menimbulkan rasa jijik dan takut rendah hingga menengah.

Seperti yang dapat Anda lihat pada tabel di atas, ada satu hewan yang berada di puncak rasa jijik dan takut, yaitu laba laba. Hewan tersebut mendapat nilai 4,39 dari lima untuk nilai menakutkan dan 4,47 dari lima untuk nilai menjijikkan. Para peneliti juga mencatat bahwa 19 persen dari partisipan menunjukkan ketakutan ekstrem ketika melihat foto laba laba.

Menurut para peneliti, hal ini mungkin karena campuran beberapa faktor. Pertama dan yang paling jelas adalah bentuk tubuh aneh yang punya “telalu banyak kaki”. Selain itu, laba laba juga ada di rumah setiap orang, bersembunyi dalam kegelapan dan mampu bergerak dengan cepat. Faktor faktor ini membuat laba laba menjadi ancaman nyata yang sangat mungkin ditemui secara langsung dalam kehidupan sehari hari.

Sementara itu, posisi nomor dua diduduki oleh ular beracun, yang ditemukan menimbulkan ketakutan ekstrem pada 10 persen partisipan. Menurut para peneliti, fobia ular dan laba laba sangat umum karena ketakutan ini adalah sesuatu yang mendasar dan diturunkan oleh nenek moyang. Melalui survei, para peneliti juga berhasil memetakan hewan hewan ini menjadi lima kelompok.

Kelompok pertama adalah hewan kecil tidak berlendir yang menakutkan, seperti kecoa, semut dan tawon. Sementara itu, ular ularan dan kadal kadalan juga menjadi kelompok sendiri. Lalu, ada kelompok hewan mirip tikus (termasuk kelelawar), dan kelompok mamalia ternak dan peliharaan yang menimbul rasa jijik dan takut yang rendah. Terakhir adalah kelompok parasit manusia, seperti kutu dan cacing pita. Sebagai hewan yang bisa menjadi vektor penyakit, tidak mengherankan bila kelompok ini menimbulkan rasa jijik tertinggi, di samping rasa takut yang juga tinggi.

Uniknya, para peneliti juga menemukan bahwa orang orang yang pernah punya pengalaman digigit hewan malah melaporkan rasa takut dan jijik yang lebih rendah. Baca Juga: Dihargai Rp1.000 per Buah, Nenek Berusia 101 Tahun Ini Masih Setia Membuat Gerabah Mereka pun menulis bahwa korelasi ini mungkin terjadi karena orang orang yang lebih takut hewan akan lebih hati hati dan menghindar, sehingga kemungkinannya untuk digigit pun menjadi lebih rendah.

“Hasil kami menunjukkan bahwa ketakutan dan rasa jijik mungkin dapat melindungi subyek dari bahaya, bahkan di lingkungan modern,” tulis mereka.

Baca Juga

Jawaban Sains Kenapa Bayangan Puncak Gunun Api Ini Seperti Piramida

Diana Nurhani

Riset Arief tentang Skema Artificial Intelegent (AI) yang Digunakan dalam Konsep Smart City

Diana Nurhani

Ini Jamur yang Bisa Indikasikan Ada Kandungan Emas di Bawah Tanah

Diana Nurhani

Kamu Bergidik Lihat Foto-foto Ini? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Diana Nurhani

Polusi Udara Lebih Berbahaya daripada Asap Rokok? Ini Menurut Hasil Penelitian

Diana Nurhani

BESOK, Gerhana Matahari Total Terjadi, Ini Link Live Streaming Nonton Detik-detik Gerhana

Diana Nurhani

Danau Terpencil di India Utara Dipenuhi Puluhan Kerangka Manusia, Seperti Apa Penjelasannya?

Diana Nurhani

Mudah Dijumpai di Indonesia, Siapa Sangka Bunga Jepun Oleander Menyimpan Racun Mematikan

Diana Nurhani

Insiden di Tol Cipali Renggut 12 Korban Jiwa, Ini Daftar Kecelakaan Dahsyat di Dunia

Diana Nurhani

LAPAN Beberkan Fakta Sesungguhnya di Balik Fenomena Langit Malam Berbentuk Mata yang Sempat Viral

Diana Nurhani

Populasi Orangutan di Kalimantan Semakin Kritis Memasuki Tahun 2019

Diana Nurhani

NASA Foto Penampakan Lubang Hitam atau Black Hole, Pertama Kali Dalam Sejarah Astronomi

Diana Nurhani

Leave a Comment