Image default
Sains

BESOK, Gerhana Matahari Total Terjadi, Ini Link Live Streaming Nonton Detik-detik Gerhana

Gerhana matahari total akan terjadi besok, Selasa (2/7/2019). Berikut link video live streaming nonton detik detik gerhana matari total besok. Gerhana matahari total terjadi saat posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari.

Sehingga bulan akan menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari ke bumi. Saat puncak gerhana matari total, piringan matahari akan ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Ukuran piringan matahari dan bulan sendiri akan berubah ubah.

Hal itu tergantung akan masing masing letak dan jarak matahari bumi bulan. Disankan pengamatan gerhana matahari total harus menggunkan pelindung mata khusus. Melihat secara langsung ke bagian cincin terang matahari atau fotosfer, dapat membahayakan mata.

Tidakan tersebut dapat menyebakan kerusakan permanen pada retina. Meski tak terlihat, fotosfer akan radiasi tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan mata. Dilansir oleh Space.com, gerhana matahari total 2 Juli 2019 besok, akan berlangsung selama 4 menit 33 detik.

Durasi tersebut lebih panjang 2 menit 40 detik dibandingkan gerhana matahari total yang terjadi pada Agustus 2017 lalu. Jalur totalitas atau wilayah yang dilintasi oleh gerhana matahari hanya sepanjang 200 kilometer. Jalur tersebut dimulai dari La Serena, Chile dan berakhir di daerah selatan kota Buenos Aires, Argentina.

Sementara daerah yang bukan merupakan jalur totalitas hanya dapat melihat gerhana parsial. Fase totalitas gerhana akan pertama kali terlihat di Pulau Oeno, wilayah Inggris di Samudera Pasifik. Gerhana akan terlihat di Pulau Oeno selama 2 menit 53 detik pada pukul 10:24 waktu setempat.

Sementara fase totalitas yang pertama tampak di daerah Amerika Selatan ada di Chile. Tepatnya di La Serena, fase totalitas gerhana matahari akan dimulai pukul 04:39 pagi, waktu setempat. Sayangnya, Indonesia tidak dapat melihat gerhana matahari total maupun parsial.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa menyaksikan detik detik gerhana matahari total lewat link live streaming. Meski tidak dapat menyaksikan secara langsung gerhana matahari total kali ini. Indonesia dapat menyaksikan secara langsung gerhana matahari cincin di akhir tahun ini.

Tepatnya pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang.

Baca Juga

9 Fakta Sains Tak Terduga Lengkap dengan Gambar Ilustrasi: Belalang Punya Telinga di Perut

Diana Nurhani

Benarkah Emas Tidak Berasal dari Bumi? Berikut Hasil Penelitian

Diana Nurhani

Pakar Jelaskan Ular Sanca Bisanya Jatuhkan Diri dan Lilit Mangsa

Diana Nurhani

BMKG Catat 673 Gempa Guncang Indonesia Selama Agustus 2019, 3 Gempa Merusak dan Ada Gempa Swarm

Diana Nurhani

Pertama Kali dalam Sejarah Astronomi, Para Ilmuwan Berhasil Ungkap Penampakan Black Hole

Diana Nurhani

Jawaban Sains Kenapa Bayangan Puncak Gunun Api Ini Seperti Piramida

Diana Nurhani

Riset Arief tentang Skema Artificial Intelegent (AI) yang Digunakan dalam Konsep Smart City

Diana Nurhani

Begini Penjelasan Ilmiah Kenapa Wisatawan Bisa Terseret ‘Ombak Pembunuh’ di Pantai Selatan

Diana Nurhani

10 Peringkat Besar Hewan yang Dinilai Paling Menakutkan dan Menjijikkan

Diana Nurhani

Gerakan Alis Jadi Cara Anjing Ajak Komunikasi dengan Manusia

Diana Nurhani

Peringatan Dini BMKG Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia 17 – 20 Juni 2019

Diana Nurhani

NASA Foto Penampakan Lubang Hitam atau Black Hole, Pertama Kali Dalam Sejarah Astronomi

Diana Nurhani

Leave a Comment