Image default
Nasional

Fahri Hamzah Diminta Jokowi jadi Duta Besar untuk Vatikan

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dikenal sebagai sosok yang kerap melontarkan kritik tajam kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dibalik itu semua Fahri Hamzah justru memiliki kedekatan tersendiri dengan Jokowi tatkala keduanya berkesempatan bertemu di Istana. “Saya lagi di Istana Negara menghadiri pelantikan duta besar RI untuk Italia. Setelah selesai saya ngobrol dengan Pak Surya Paloh (Ketum Nasdem), saya tanya dubes Italia sama dengan Vatikan atau tidak, beliau bilang beda,” kata Fahri mengawali penjelasannya.

Tak lama kemudian, dirinya duduk dan berbincang bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Jaksa Agung HM Prasetyo. “Tiba tiba ajudan Pak Jokowi mendatangi saya, saya katanya dipanggil Pak Presiden. Saya tanya untuk apa, tapi ajudan bilang datang saja ke ruangan Bapak,” imbuh Fahri. Fahri mengiyakan permintaan yang disampaikan ajudan Jokowi tersebut.

Fahri bergegas menemui Jokowi yang saat itu tengah bersama jajaran tokoh lainnya. Antara lain, Menko Polhukam Wiranto, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Wapres Jusuf Kalla beserta istri, dan Iriana Jokowi. “Lalu saya merapat, kemudian Pak Jokowi bilang, sudah ada kesepakatan untuk mengatasi situasi dan dialog antarumat beragama untuk minta Mas Fahri menjadi dubes RI untuk Vatikan . Tertawa semua di ruangan itu,” kata Fahri menirukan ucapan Jokowi. Fahri kemudian memastikan apa yang dikatakan Jokowi kepada dirinya saat itu hanya candaan saja.

Ia menjelaskan, pertemuan antartokoh politik juga sarat dengan perbincangan yang hangat dan penuh canda serta tidak selalu membicarakan hal hal penting. “Saya bilang bahwa saya lebih cocok jadi dubes di Arab Saudi. Dan waktu itu saya juga usul kalau dubes RI untuk Vatikan dan Arab Saudi digabung saja, jadi ketika Pak Jusuf Kalla mau haji saya sambut, kalau Pak Luhut mau ke Vatikan juga saya sambut," kata Fahri "Bukan serius tapi, bercanda itu, meledak ketawa semua waktu itu,” cerita Fahri lagi sambil tertawa lepas mengingat momen tersebut.

“Kalau pimpinan negara dan lembaga ketemu itu banyak bercanda, banyak melucu, jadi jangan dianggap jika tokoh tokoh ketemu itu serius serius saja,” kata Fahri semringah.

Baca Juga

10 Daerah Alami Kemarau Terpanjang 2019, Lakukan Sholat Istisqo Salat Minta Hujan, Ini Tata Caranya

Diana Nurhani

Di ILC, Natalius Pigai Ditegur Karni Ilyas sambil Tertawa karena Beberkan Kondisi Terkini di Papua

Diana Nurhani

Densus 88 Sita Kabel, Arang, dan Serbuk Putih dari Rumah Terduga Pelaku Bom Sukoharjo

Diana Nurhani

Pencarian Korban Tenggelam KM Lintas Timur di Perairan Taliabo, Tim Basarnas Evakuasi 1 Mayat

Diana Nurhani

Asyik THR PNS dan TNI/Polri Cair Tanggal 24 Mei, Bukan Gaji Pokok Saja Lho, Ini Rinciannya

Diana Nurhani

Saat Ibu Kota Dipindah, Inilah yang Akan Terjadi pada Istana dan Gedung Pemerintahan Menurut Jokowi

Diana Nurhani

KPK Ultimatum Menteri Agama Lukman Hakim Hadiri Pemeriksaan Besok

Diana Nurhani

Ketua DPR Harap Idul Fitri Kembali Satukan Bangsa Indonesia

Diana Nurhani

KPK Telusuri Aliran Uang dalam Kasus Suap Jual Beli Jabatan di Kementerian Agama

Diana Nurhani

Jokowi Sopiri Raja Malaysia Keliling Kebun Raya Bogor

Diana Nurhani

Jokowi dan Iriana Rayakan Lebaran Hari Pertama di Jakarta Bersama Kaesang

Diana Nurhani

Karena Kesabarannya, Polisi yang Diseret Mobil di Bandung Diberi Hadiah Sepeda

Diana Nurhani

Leave a Comment