Image default
Kesehatan

Ingin Tetap Langsing Tanpa Lewatkan Makan Malam?

Tak sedikit orang berhenti makan malam agar berat badannya tidak melonjak. Banyak orang yang percaya ini dan melewatkanmakan malamdemi berat ideal. Padahal, melewatkanmakan malamjustru hanya memicu rasa lapar, asam lambung, mual, dan gangguan tidur. Dengan kata lain, melewatkanmakan malamsama sekali tak membantu kita untuk mendapatkanberat badanideal.

Ahli gizi dari New Delhi, Nmami Agarwalt, menyarankan kita untuk menghindari makan dalam porsi besar sebelum tidur. "Ini berguna untuk menghindari refluks gastroesofagus dan penambahan berat badan," ucapnya. Makan makanan berat dan besar sebelum waktu tidur dapat membuat kita merasa tidak nyaman.

Makan malam dalam porsi besar memiliki efek sama seperti alkohol yang memperlambat kinerja tubuh keesokan harinya. Selain itu, jika menu makanan kita tinggi gula dan lemak dapat membebani sistem pencernaan sehingga tubuh menyimpan lemak terlalu banyak. Inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan dan menyebabkan kualitas tidur terganggu, sehingga membuat kita melambat baik secara fisik maupun mental keesokan harinya.

Agarwalt mengatakan, banyak dari kita yang tak tahu bagaimana dan berapa ukuran porsi yang tepat untuk makan malam. "Setiap makanan butuh waktu untuk dicerna. Ketika makan terlalu malam, proses pencernaan akan menghambat tidur," ucapnya. Makan mendekati waktu tidur juga membuat kalori disimpan sebagai lemak dalam otot karena kurangnya aktivitas tubuh atau fisik. Inilah yang nantinya mengarah ke kenaikan berat badan.

Oleh karena itu, Agarwalt menyarankan kita untuk makan malam dalam porsi kecil dengan waktu dua jam sebelum tidur. Kuncinya adalah menjaga keseimbangan yang tepat. Konsumsi makanan yang ringan, sehat dan dalam porsi kecil pada waktu makan malam. Cara ini membantu kita untuk tertidur dengan mudah dan membuat kita bangun dengan perasaan segar dan energik keesokan harinya.

Pencernaan juga akan sehat dengan menerapkan cara ini. Yang lebih membahagiakan, cara ini turut membantu menurunkan berat badan. Kita bisa memilih menu makan malam berupa salad ayam, tumis sayur, sayur kukus, buah, biji bijian, telur utuh dan roti gandum. Berita ini sudah dimuat di Kompas.com dengan judul "

Baca Juga

Tanda Stroke yang Sering Disepelekan

Diana Nurhani

Konsumsi Buah Kurma, Ada Banyak Manfaat Serat dan Kalium di Dalamnya

Diana Nurhani

Skizofrenia

Diana Nurhani

Yang Terjadi Pada Tubuh Apabila Rutin Minum Air Rebusan Daun Salam

Diana Nurhani

Imunoterapi, Tingkatkan Harapan Hidup Penderita Kanker Paru

Diana Nurhani

Jangan Disepelekan, Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Diana Nurhani

Waspada Keluar Keringat yang Berlebih, Tanda-tanda Penyakit Bahaya, Ini 5 Penyebabnya

Diana Nurhani

Kasiat Daun Bawang Bagi Kesehatan: Bantu Lawan Sel Kanker Hingga Menjaga Kehamilan

Diana Nurhani

Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Diana Nurhani

Sebaiknya Ajukan Empat Pertanyaan Ini ke Dokter Sebelum Tindakan Operasi

Diana Nurhani

9 Kebiasaan Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan, Mengumpat hingga Bergosip

Diana Nurhani

Ketahui Bahaya Terus Menerus Mengonsumsi Minuman Energi

Diana Nurhani

Leave a Comment