Image default
Sains

Pakar Jelaskan Ular Sanca Bisanya Jatuhkan Diri dan Lilit Mangsa

Pakar Herpetofauna dari Universitas Brawijaya, Nia Kurniawan mengatakan, ular sanca atau piton memiliki cara sendiri menangkap mangsanya. Karena tubuhnya yang gemuk, sanca cenderung menangkap mangsanya dari atas dengan cara menjatuhkan diri lalu melilitnya. Nia Kurniawan mengatakan, cara itu dilakukan sanca karena kecepatan larinya lambat akibat tubuhnya yang gemuk.

“Jadi kalau misalnya di hutan itu ular piton akan di atas pohon atau di dalam gua yang tinggi. Jarang ular piton mencari mangsa di bawah dengan cara mengejar itu, sangat jarang,” katanya saat diwawancara di Kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Senin (24/6/2019). Dijelaskannya, sanca akan diam diam naik ke atas pohon ketika mendeteksi ada mangsa. Ketika sanca sudah berada tepat di atas mengsanya, sanca akan menjatuhkan diri dan melilitnya. “Jadi sanca akan naik ke atas dan menjatuhi mangsanya,” jelasnya.

Jika tidak seperti itu, ular sanca akan berdiam diri sampai mangsanya mendekat dan melilitnya dengan cepat. Sanca tidak akan mengejar mangsanya yang lari karena geraknya lambat. “Khasnya ular piton dengan tubuh yang gemuk tidak bisa mengejar mangsa. Jadi ketika mangsa dalam jangkauan dekatnya baru dia melilitnya dengan cepat,” jelasnya. Karena itu, Nia Kurniawan mengimbau ketika memasuki hutan supaya memakai topi. Hal itu untuk menghindari sanca yang menjatuhkan diri dari atas.

Selain itu, jika ular itu langsung mematok terlebih dahulu, patokannya akan mengenai topi dan bisa lepas. “Kalau jalan jalan ke atas waspada lihat atas. Pakai topi. Jadi kalau di makan duluan topinya dulu yang kena bisa lepas,” katanya. Sebelumnya diberitakan pria bernama Jana (42) asal Kampung Citiru, Desa Padasuka, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tewas akibat dililit ular sanca peliharaannya, Jumat (21/6/2019).

Istri korban, Elah (38), menuturkan, jenazah Jana pertama kali ditemukan oleh anaknya saat hendak ke jamban. Sang anak kaget melihat Jana dalam posisi tengkurap sudah tidak bernyawa di dekat ular sanca.

Baca Juga

BESOK, Gerhana Matahari Total Terjadi, Ini Link Live Streaming Nonton Detik-detik Gerhana

Diana Nurhani

Danau Terpencil di India Utara Dipenuhi Puluhan Kerangka Manusia, Seperti Apa Penjelasannya?

Diana Nurhani

Pembuktian Ilmiah Makhluk Astral seperti Jin Aladdin Berwarna Biru

Diana Nurhani

Ini Jamur yang Bisa Indikasikan Ada Kandungan Emas di Bawah Tanah

Diana Nurhani

Ayo Tebak, Warna Sepatu Ini Hijau atau Merah Muda?

Diana Nurhani

Jadi Istri Tunggal, Jennifer Dunn Kini Pede Pamer Kemesraan Bareng Faisal Harris: Luar Biasa !

Diana Nurhani

Kamu Bergidik Lihat Foto-foto Ini? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Diana Nurhani

BMKG Catat 673 Gempa Guncang Indonesia Selama Agustus 2019, 3 Gempa Merusak dan Ada Gempa Swarm

Diana Nurhani

Riset Ilmiah Ungkap Wanita yang Lahirkan Bayi Kembar Berusia Lebih Panjang

Diana Nurhani

Lihat Foto Ini! Inilah Penjelasan Ilmiah Bila Kamu Jijik hingga Bergidik Saat Melihatnya

Diana Nurhani

Peringatan Dini BMKG Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia 17 – 20 Juni 2019

Diana Nurhani

Populasi Orangutan di Kalimantan Semakin Kritis Memasuki Tahun 2019

Diana Nurhani

Leave a Comment