Image default
Techno

Perbandingan Harga & Spesifikasi Samsung Galaxy A10s dengan Galaxy A10, Mana Lebih Unggul?

Berikut ini perbandingan harga dan spesifikasi Samsung Galaxy A10s dengan Galaxy A10. Belum lama ini, vendor asal Korea Selatan, Samsung resmi merilis seri Galaxy A10s. Kabarnya seri A10s telah mengalami pengingkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan seri sebelumnya, yakni A10.

Sebagai perbandingan, Galaxy A10 dibanderol mulai dari Rp 1.499.000. Jika pada seri A10 kapasitas bateraui hanya sebesar 3.400 mAh, pada seri A10s akan lebih besar. A10s akan dibekali dengan kapasitas baterai 4.000 mAh.

Untuk ukuran layar, tak terjadi perubahan. Bentang layar A10s dengan diagonal 6,2 inci dan resolusi 720 x 1,520 piksel. Memori internalnya, tersedia ruang 32GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 512 GB.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan lapisan antarmuka One UI ala Samsung . Desainnya masih menggunakan Infinity V dengan poni kecil yang memuat kamera depan 8 megapiksel (f/2.0). Jika pada A10 hanya memiliki satu kamera belakang, A10s menghadirkan dua.

Kamera belakang A10s terdiri dari kamera utama 13 megapiksel (f/1.8) dan depth sensor 2 megapiksel (f/2.4) untuk efek bokeh. Selain modul kamera ganda, cangkang belakang kini juga dihiasi panel pemindai sidik jari yang juga tidak ditemukan pada A10. Di sektor dapur pacu, Samsung tidak menyebut chip apa yang mengotaki Galaxy A10s ini di situsnya.

Hanya disebutkan chip tesebut memiliki delapan inti CPU (4 core 2.0 GHz dan 4 core 1,5 GHz) yang dipadu dengan RAM 2 GB. Perubahan lainnya terletak pada varian warna, A10s memberikan empat pilihan warna yakni Blue, Green, Red, Black. Beratnya juga lebih ringan dari seri sebelumnya, yakni 0,26W/kg.

Awal tahun ini, Samsung merombak lini ponsel entry level dan mid range besutannya dengan memangkas lini Galaxy J yang digantikan oleh seri Galaxy A terbaru. Lineup Galaxy A Samsung di Indonesia kini memiliki jangkauan harga lebih luas, mulai dari Rp 1 jutaan (Galaxy A2 Core, A10), hingga Rp 5 jutaan (Galaxy A70). Jumlah model yang ditawarkan pun tergolong banyak dan diperkenalkan dalam waktu relatif singkat.

Dalam empat bulan pertama 2019, tak kurang dari 10 model smartphone Galaxy A sudah diperkenalkan. Sebanyak 6 model di antaranya telah dipasarkan di Indonesia, seperti bisa dilihat di situs Samsung. Belum lagi seri Galaxy M yang juga terdiri dari beberapa model dan menyasar pasar penjualan online.

Karakter konsumen berubah Senior Product Marketing Manager Samsung Indonesia, Selvia Gofar mengatakan, lini ponsel Galaxy J dipangkas lantaran konsumennya memang sudah menipis, khususnya di kota kota besar. Selvia menjelaskan, hal tersebut disebabkan oleh karakter konsumen yang berubah. Dia mengatakan, Galaxy J dimaksudkan untuk menggaet para pengguna feature phone yang hendak pindah ke smartphone.

Para pengguna smartphone awal ini tidak terlalu begitu memperhatikan spesifikasi perangkat. Namun, keadaannya sekarang sudah berubah. Selvia menyebut konsumen sudah lebih “melek” sehingga tren kebutuhan bergeser ke spesifikasi mumpuni dan fitur kekinian.

“Sekarang smartphone di bawah Rp 2 juta itu juga dirasa kurang bagi konsumen." “Karena ada kompetisi juga, kami melakukan revolusi lewat lini Galaxy A dengan banyak perubahan spesifikasi yang cukup menjawab kebutuhan konsumen sekarang.” imbuh Selvia. Risky Febrian, Market Analyst dari lembaga riset pasar IDC mengemukakan pendapat senada.

Menurut dia, perampingan lini smartphone Samsung dengan menghilangkan seri Galaxy J dilatarbelakangi oleh kompetisi ketat di pasaran. “Dilihat dari kuartal kuartal sebelumnya, Samsung banyak kehilangan market share di segmen low end dan ultra low end karena seri J tidak bisa bersaing di pasar,” ujar Risky.

Baca Juga

3 Tips Menghemat Baterai HP saat Mudik Lebaran, Wajib Diterapkan!

Diana Nurhani

Update Free Fire – Update Elite Pass Season 11 Bertema Dragon Slayer Telah Hadir, Ada Apa Saja?

Diana Nurhani

Harga dan Spesifikasi Vivo V15 dan Vivo V15 Pro di Indonesia, Kamera Pop-up 32 Megapiksel

Diana Nurhani

Baru Hadir di Indonesia, Smartphone Ini Tawarkan Garansi Hingga 2 Tahun!

Diana Nurhani

Manjakan Member Untuk Berbelanja di Merchant Offline

Diana Nurhani

Harga dan Spesifikasi Lengkap Vivo V17 Pro yang Baru Saja Rilis Hari Ini

Diana Nurhani

Seperti Whatsapp, Instagram Juga Punya Layanan Videocall Lho! Ini Tutorialnya

Diana Nurhani

Tipu Google dan Facebook Sebesar Rp 1,7 Triliun, Begini Modus yang Dilakukan Pria Ini

Diana Nurhani

XIaomi Redmi 7A Berprosesor Snapdragon Ponsel Low End akan Dirilis Pekan Depan

Diana Nurhani

Apex Legends – 5 Tips Keren Bermain Apex Legend Versi RevivalTV, Tips Terjun hingga Tips Healing

Diana Nurhani

Miliki 200.000 Influencers, PopStar Siap Kembangkan Bisnis Digital

Diana Nurhani

Honeywell Kenalkan Detektor Asap Cerdas Generasi Terbaru, Notifier 951 Series

Diana Nurhani

Leave a Comment